Touch me again

Islam

Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Pagi hari ini saya bangun dengan kepala pusing dan hidung mampet sebelah, juga tenggorokan yang agak sakit seperti radang. Mungkin ini efek ketika tidur terlalu malam dan makan nasi goreng yang agak gimana gitu dimalam-malam. Jadi setelah sholat subuh, saya tidur lagi. Nah kebetulan kalo saya tidur setelah subuh itu bangunnya pasti pusing juga. Akhirnya saya tidur lagi, dan ijin untuk tidak masuk kantor setengah hari. Oh iya, saya lupa mengatakan ini adalah hari jumat salah satu hari besar umat muslim.
Sebenarnya saya penasaran jam berapakah ikhwah berangkat ke masjid untuk sholat jumat. Karena memang saya belum pernah hari jumat luang ada di kost. Waktu itu masih pukul 11, dan jadwal memperlihatkan waktu itu masih 1 jam sebelum sholat jumat dimulai, dan teman kostan disebelah sudah berangkat ke masjid. Saya jadi bersemangat untuk siap-siap, tapi karena saya sedang menyelesaikan biodata untuk ta’aruf maka saya luangkan waktu beberapa menit untuk mengisi biodata tersebut.
Beberapa kali saya membuka handphone saya, melihat pesan di whatsapp messenger seorang ikhwah menanyakan siapa imam sholat jumat kali ini. Dan ada yang membalas Ustadz Abu Abdirrohman Abdulhaq. Okay, karena saya rasa mengisi biodata sudah cukup dan bisa dilanjutkan lagi, jadi saya siap-siap menuju masjid. Disana qodarullah masih 2 shaf terpenuhi, jadi masih bisa duduk mendengarkan Ustadz Abdulhaq berceramah. Beliau datang tepat pada waktu sholat jumat dimulai, dan khotbah pun langsung beliau mulai.
Ustadz Abdulhaq menjelaskan mengenai keutamaan memuliakan seorang ibu, dan menjelaskan beberapa dalil mengenai keutamaan memuliakan seorang ibu. Juga menjelaskan walaupun ibu kita menyuruh kita untuk bermaksiat kepada Allah, maka seharusnya kita masih tetap untuk memuliakan ibu kita, menyayanginya namun tidak menjalankan perintah yang batil tersebut. Saya jadi ingat ibu saya yang sering marah-marah, tapi jadi teringat juga dulu bagaimana sayangnya ibu saya terhadap saya ketika masih kecil. Ya saya pendiam sekali katanya, saya juga jadi ingat bagaimana seringnya digendong ibu. Dan tiba-tiba seorang ikhwan yang berprofesi sebagai dokter tidak jauh dari saya menjadi tersedu-sedu. Sepertinya beliau menangis, tapi saya tidak berani menoleh kearah beliau. Saya masih tetap merenungi kata-kata yang di ucapkan oleh Ustadz Abdulhaq.
Tak terasa khutbah selesai, kami segera memulai sholat jumat. Lantunan surat Al Fatihah terdengar dan terasa sekali bahwa yang melantunkan adalah Ustadz Abdulhaq. Tiba – tiba ketika membacakan surat selanjutnya, Ustadz Abdulhaq menangis tersedu-sedu. Sejujurnya saya tidak tau surat yang dibacakan oleh Ustadz, padahal cukup sering mendengarnya. Disitu saya merasa bahwa sedikit sekali ilmu yang saya punya, untuk memahami surat yang sedang dibaca saja saya tidak tau, apalagi arti dari ayat yang membuat Ustadz Abdulhaq menagis tersedu-sedu. Cukup lama Ustadz terdiam untuk menenangkan. Namun justru disitu saat Ustadz teridam, merasa iman saya kurang. Ilmu yang saya miliki juga kurang banyak, serasa kalo ngaji sepekan 3 kali itu gak cukup karena ilmu agama itu banyak dan luas. Disitu saya merasa tersentuh untuk introspeksi diri. Dan saya rasa Allah ta’ala maha adil, dan maha menyangi terhadap semua makhluknya. Kadang kita itu sudah dipanggil, namun kita merasa tidak terpanggil. Kadang kita dipanggil lagi, dan sudah menoleh namun tetap bersikeras merasa tidak ada yang memanggil. Dan ketika di sentuh pundak kita, kadang kita juga tidak merasa tersentuh. Lalu, sampai pada ketika kita diberi cobaan dan merasa Allah ta’ala tidak adil. Sebenarnya yang salah itu siapa? Padahal sudah diperingatkan, dan sering kali kita mendengarnya :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepadaku” (Q.S adz-Dzaariyaat ayat 56)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s